Anas Minta Peran APIP Dimaksimalkan

0
287

GP Boalemo – Pada hakikatnya, Inspektorat merupakan sebuah Instansi yang berperan pada pengawasan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Sebuah lembaga Independen berdasarkan Undang-undang dan mengawasi tentang penyelenggaraan pelayanan publik.

Berangkat dari hal tersebut, Plt. Bupati Boalemo, Ir. Anas Jusuf, M.Si meminta Inspektorat Boalemo agar dapat memaksimalkan fungsi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Hal itupun disampaikan pada saat  melaksanakan sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Keuangan dan Barang Milik Daerah (MP-TPTGR).(Selasa, 03/08/2021).

“Ada beberapa hal yang ingin saya tegaskan yang merupakan hasil komunikasi kami dengan jajaran APH baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. Yang pertama diharapkan pada kita pemerintah daerah dapat meningkatkan peran peran dari APIP di dalam menangani persoalan-persoalan yang ada di daerah semaksimal mungkin APIP benar-benar berperan terhadap temuan sekecil apapun untuk segera ditindak lanjuti,” Ujar Anas.

Anas juga mengatakan bahwa peran dari APIP, diharapkan dapat memaksimalkan dan ditingkatkan sehingga persoalan-persoalan yang ada di internal bisa diselesaikan oleh APIP.

“Sebagaimana yang dikatakan oleh Ketua DPRD Boalemo bahwa saat ini banyak persoalan yang dihadapi. Saya kira di media-media sosial juga kita bisa membaca. Kepedulian dalam menangani tindak lanjut selalu diharapkan kepada SOPD yang ada di daerah ini, agar temuan dapat diselesaikan dengan secepatnya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada,” Lanjutnya

Dirinya juga tidak memungkiri bahwasanya dalam rangka pengawasan yang maksimal harus ditunjang dengan anggaran yang memadai.

“Dengan mengharapkan adanya peran maksimal dari APIP, hal ini pun harus ditunjang dengan anggaran yang memadai. Sekali lagi kepada teman-teman APIP dapat lebih memaksimalkan peran termasuk secara periodik melakukan audit internal sehingga sudah sejak dini bisa kita deteksi jika terjadi kesalahan administrasi di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita,”pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here