Berpenghasilan Hampir 100 Juta Setiap Tahun, Bumdes Makmur Abadi Diapresiasi Harijanto Mamangkey

0
720

GP Boalemo – Banyak persepsi negatif yang melekat di publik ketika mendengar tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Boalemo. Hal tersebut ditandai dengan sering terpublikasinya pengelolaan Bumdes yang bermasalah dan berujung pada aksi demo beberapa kelompok masyarakat.

Hal tersebut mendapat tanggapan dari salah satu anggota Komisi I DPRD Kabupaten Boalemo, Harijanto Mamangkey. Menurutnya, justru ada beberapa badan usaha milik desa di Kabupaten Boalemo yang keberadaannya sangat menyentuh kaum wong cilik seperti para petani dan nelayan.

Hal tersebut terungkap pada saat kunjungan kerja yang dilakukan oleh Komisi I ke Sekretariat Bumdes Makmur Abadi yang terletak di Desa Dulohupa Kecamatan Wonosari, Jumat (23/10).

“Pada tahun berjalan ini Bumdes tersebut telah berhasil mencetak laba sebesar 98 Juta Rupiah. Laba tersebut diperoleh dari hasil usaha penggilingan padi yang juga dilengkapi dengan fasilitas berupa lantai jemuran,” ungkap Aleg Tiga Periode tersebut.

Harijanto menuturkan bahwa para pengurus Bumdes Makmur Abadi sangat jeli melihat potensi desa dan memilih jenis usaha yang dapat langsung menyentuh masyarakat di desa tersebut yang mayoritas memang berprofesi sebagai petani.

Olehnya, dirinya memberikan apresiasi kepada pemerintah Desa Dulohupa dan pengurus Bumdes Makmur Abadi dan berharap agar para pengurus untuk tidak cepat berpuas diri.

“Pengelolaan Bumdes Makmur Abadi ini dapat menjadi salah satu contoh bagi bumdes-bumdes yang lain di Kabupaten Boalemo agar dapat mengejar ketertinggalan dalam memajukan bumdes di desa masing-masing dan membantu pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi akibat pandemi covid 19,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here