Darwis Moridu : Pergantian Sekda Sudah Sesuai Prosedur

0
756

GP Boalemo – Bupati Boalemo, Darwis Moridu mengungkapkan bahwa Pengangkatan Sofyan Hasan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Boalemo sudah sesuai prosedur.

“Pengangkatan Sofyan Hasan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Boalemo sudah sesuai dengan prosedur, dan ini adalah hak prerogatif bupati,” kata Darwis pada saat pelaksanaan Apel Korpri yang berlangsung di Lapangan Alun-alun, Senin(18/5).

Dirinya menjelaskan bahwa alasan pemberhentian Sekda sebelumnya karena sudah ada perjanjian bahwa setiap Sekda yang akan menjabat hanya akan menjabat selama 2 (Dua) tahun.

“Saudara mantan Sekda (Husain Etango) saat akan dilantik menghadap di rumah dinas Bupati. Saya sampaikan kepada beliau bahwa dirinya hanya akan menjabat selama 2 tahun, setelah itu akan diganti dengan orang lain,” kenangnya.

Hal ini menurut Darwis, agar adanya pemerataan kepada seluruh ASN.

“Mengapa demikian? agar di Kabupaten Boalemo ada pemerataan. Tidak seperti di daerah lain, ada sekda yang menjabat bahkan hingga 10 tahun lebih. Emangnya hanya satu orang yang pintar?,” jelasnya.

Permintaan pengunduran ini, lanjut Darwis, sudah diminta pada beberapa bulan lalu. Namun, karena belum menjabat selama dua tahun, Sekda pun enggan untuk melepaskan jabatanya.

“Pada beberapa bulan lalu, saya pun sempat meminta beliau untuk mundur, karena saya rasa beliau tidak mampu. Tapi beliau belum mau mundur, karena beliau belum sampai dua tahun menjabat,” lanjutnya.

Olehnya, dirinya memohon kepada masyarakat Boalemo agar tidakempersoalkan pergantian Sekda Boalemo.

“Saya tahu Pak Husain Etango adalah senior birokrasi di Kabupaten Boalemo. Tapi karena sudah membuat komitmen dengan saya hanya akan menjabat selama 2 tahun menjadi sekda, maka namanya komitmen harus dijalani. Saya mohon kepada bapak ibu msyarakat kabupaten boalemo jangan mempersoalkan pergantian sekda kemarin, karena ini sudah sesuai dengan prosedur, dan ini adalah hak prerogatif bupati,” tutupnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here