Gelar FGD KEK Teluk Tomini, Anas Jusuf Minta Dukungan Semua Pihak

0
72

GP Boalemo – Pemerintah Daerah Boalemo bersama Universitas Negeri Gorontalo menggelar Focus Group Discussion di Hotel Dumhil Kota Gorontalo terkait kawasan ekonomi khusus (KEK) Teluk Tomini dan Maluku Utara, dan Pelabuhan Tilamuta berpotensi besar menjadi pusat pengembangan KEK kedepan.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Bupati Boalemo Ir. Anas Jusuf, M.Si., dihadapan peserta FGD mengenai KEK Teluk Tomini. Selain itu, Bupati berterima kasih kepada Rektor Universitas Negeri Gorontalo yang telah mengundang khusus pemerintah daerah dalam rangka membahas pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) di teluk Tomini dan Maluku Utara, Rabu (27/10/2021).

Harapannya dalam diskusi nanti, dapat memberikan masukan dan saran bagaimana Kabupaten Boalemo menjadi pusat Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Teluk Tomini dan Maluku Utara.

Selain itu kata Anas Jusuf, pelabuhan tilamuta saat ini akan segera di kembangkan, dan mengapa pelabuhan kami seriusi dan focus, karena dilihat secara historis pelabuhan tilamuta memang sudah lama dan stategis.

“Dulu, sebelum pelabuhan anggrek ada, pelabuhan di Gorontalo itu hanya dua yaitu pelabuhan kota Gorontalo dan Pelabuhan Tilamuta. Pelabuhan ini sangat potensial di kawasan teluk Tomoni, sebab bisa menjangkau keseluruh daerah-daerah, serta sebagai pendukung terhadap pengembangan KEK Teluk Tomini dan Maluku Utara” ungkap Anas Jusuf.

Kemudian Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., IPd., menyampaikan Kawasan Ekonomi Khusus yang kita bangun saat ini, ditujuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi desa. Dan ini terwujud, apabila pemerintah daerah benar-benar menunjukan sportingnya. Teluk Tomini ini merupakan teluk yang terbesar di Indonesia.

Dalam pengembangan KEK kata Eduart Wolok, Kabupaten Boalemo sangat strategis sebagai pusat Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di teluk Tomini, apalagi di dukung adanya Pelabuhan Tilamuta.

Dalam FGD pengembangan KEK Teluk Tomini, turut di hadiri Sekretaris Daerah Dr. Sherman Moridu, S.Pd., MM., Asisten II Fatlina Podungge, S.Pd., M.Si., Asisten III Rahmat Biya, SKM., MM., Dekan Fakultas Ekonomi Amir Arham, Pimpinan OPD terkait dan jajaran Universitas Negeri Gorontalo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here