Mengawal Usulan Program BSPS, Wabup Amin Sambangi Kementerian PUPR

0
317

GP Pohuwato – Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras didampingi Kadis Perkim, Anwar Sadat Rabu, (4/3/2020) menyambangi Kementerian PUPR dan diterima oleh Direktur Rumah Swadaya, Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Ir. Raden Johny Fajar Sofyan Subrata,MA.

Menurut Amin, kunjungan tersebut sengaja dilaksakan sebab tahun ini, Pemda Pohuwato tengah mengusulkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau pembangunan baru rumah swadaya berbasis komunal dan bantuan rumah untuk peningkatan kualitas.

“Ya, atas program itu saya datang untuk memastikan dan mengawalnya agar dapat diakomodir oleh Kementerian PUPR dalam hal ini Dirjen Perumahan Rakyat. Dimana tentu untuk program pembangunan perumahan komunitas ini diperuntukkan bagi warga masyarakat komunitas petani, komunitas CS dan buruh yang tentunya mereka belum memiliki rumah dan masuk sebagai masyarakat miskin”,terang wabup.

Menurut Wabup Amin Haras, usulan program ini sebagai upaya pemda untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang layak kepada masyarakat yang kurang mampu atau kategori msikin yang ada di daerah, karena ada kurang lebih 8 ribu yang membutuhkan perumahan yang layak ada di daerah dan secara bertahap ini sudah dapat kita upayakan baik melalui program komunal yang ada maupun yang kita perjuangkan melalui Kementerian PUPR.

Sementara itu, Kadis Perkim Anwar Sadat menambahkan, usulan tersebut berupa pembangunan baru rumah swadaya yang berbasis komunitas dan bantuan rumah peningkatan kualitas, yang pembangunan baru itu berbentuk komunal atau satu hamparan, kemudian untuk peningkatan kualitas berupa rehaban. Adapaun yang direhab atau untuk peningkatan kualitas tersebar dibeberapa desa berupa di Desa Dudeulo, Padengo, Molosipat, Kecamatan Popayato Barat, kemudian Desa Bunto, Maleo, Marisa, Kecamatan Popayato Timur, sedangkan di Kecamatan Wanggarasi di Desa Bukit Harapan, Tuweya, Lembah Permai, Ipilo, masing-masing mendapat 20 unit. “Peningkatan kualitas ini yang sudah pasti dan segera direalisasikan dalam waktu dekat”jelas Anwar.

Selanjutnya untuk komunitas ada di 16 lokasi seperti Kecamatan Lemito di Desa Lemito Utara, Suka Damai, Kecamatan Wanggarasi di Desa Wonggarasi Timur, untuk Kecamatan Randangan di Desa Motolohu, Ayula, Manunggal Karya. Selanjutnya Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio, di Kecamatan Buntulia di Desa Buntulia Utara, Taluduyunu, serta di Kecamatan Marisa berada di Desa Botubilotahu, Marisa Utara, dan Kecamatan Dengilo di Desa Padengo, serta Desa Puncak Jaya, Makarti Jaya, Kalimas, Tirto Asri Kecamatan Taluditi yang diperuntukkan bagi petani, buruh dan cleaning service. Tutupnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here