Pemberian Gelar Adat Kepada Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga Di setujui

0
296

GP Pohuwato – Pemberian adat Pulanga kepada Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga telah disetujui oleh pemangku adat yang ada di Provinsi Gorontalo, melalui kegiatan dulohupa lo ulipu duluwo limo lo pohalaa lo hulondalo to pohuwato modilita pulanga oli wombundo Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga yang di laksanakan di rumah adat Pohuwato. Jum’at (21/2)

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Djoni Nento, Assisten Kesra Hamka Nento yang juga ketua panitia kegiatan, perwakilan pemerintah provinsi gorontalo, pemangku adat yang ada di provinsi gorontalo, pemangku adat Pohuwato beserta camat se-Kabupaten Pohuwato.

Setelah melalui proses dan tahapan gelar adat serta mendengar biodata Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, serta berbagai penghargaan baik yang tersurat maupun yang tersirat serta hal lainnya yang berkaitan dengan tugas-tugas yang dijalani oleh Bupati.

Maka seluruh pemangku adat Provinsi dari Kabupaten/Kota menyetujui pemberian penganugerahan adat kepada orang nomor satu di Pohuwato ini.

Hanya saja waktu pemberian gelar adat tersebut belum ditetapkan karena masih ada lagi proses selanjutnya,  karena pulanga yang akan diberikan kepada Bupati setelah semua biodata dibacakan oleh Sekda Djoni Nento maka atas persetujuan dari pemangku adat duluwo limo lo pohalaa menyetujui memberikan gelar adat pulanga tauwa lo madala.

Bate Pohuwato, Bani Imran Kaluku ketika dikonfirmasi menjelaskan, saat ini dilaksanakan adat Modilito Pulanga kepada Bupati Syarif Mbuinga dan pemangku adat akan memberikan Pulanga Tauwa Lomadala kepada Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga.

Selain itu, Untuk penetapan pengukuhan belum ditetapkan karena masih ada proses adat selanjutnya, hanya saja dalam kegiatan ini sudah disetujui oleh pemangku adat limo lo pohalaa untuk memberikan gelar adat pulanga tauwa lo madala. Jelas Bate Bani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here