Pemda Boalemo Gelar Peringatan Maulid Nabi SAW

0
59

GP Boalemo – Bulan Rabiul Awal merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat islam. Sebab di bulan itu, menjadi bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang sering dirayakan oleh sebagian umat islam.

Dikalangan umat islam Indonesia khususnya masyarakat Gorontalo, sering menyambut peringatan itu dengan melakukan perayaan-perayaan seperti, berzikir, bershalawat, pengajian akbar, pembacanya kitab sejarah Nabi, dan agenda adat lainnya.

Di daerah Boalemo sendiri, meski dalam kondisi Pandemi Covid-19, pemerintah daerah menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Diketahui, elaksanaan Maulid Nabi itu dilakukan prosesi adat, yang dimulai dari rumah dinas (Rudis) Plt bupati Boalemo lalu menuju Masjid Baiturrahmah, Desa Hungayona, Kecamatan Tilamuta, Senin (18/10/2021).

Perayaan Maulid itu, dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Boalemo, Anas Jusuf, Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho, Sekretaris Daerah, Sherman Moridu, Wakil Ketua DPRD Boalemo, Lahmudin Hambali, Kapolres Boalemo, AKBP Dadang Wijaya, Kakang Kemenag, Sabhara, Forkopimda, Para Pemangku Adat, para pimpinan OPD, dan masyarakat dilingkungan Masjid Baiturrahmah.

“Pelaksanaan Maulid Nabi di Boalemo dilakukan dengan dua sesi, yang pertama secara nasional berisi ceramah-ceramah agama, dan yang kedua perayaan tradisional, berisi tentang zikir, dan juga pujian kepada Rasulullah menggunakan bahasa daerah,” ungkap Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf.

Kata Anas, peringatan Maulid Nabi setiap tahun seringkali dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Bahkan, dirinya menjelaskan, hari-hari besar Islam lainnya tidak pernah lalai untuk dirayakan.

“Harapan dari kami pemerintah daerah, perayaan Maulid Nabi dan hari-hari besar Islam lainnya, tidak lain untuk bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” tutur orang nomor satu Boalemo itu.

Dirinya berpesan, dalam momentum Maulid Nabi ini, bisa mengambil hikmah dengan mengenang perjuangan dan pengorbanan Rasullullah, meneladani sikap-sikapnya, dan mengamalkan ajaran-ajaran yang dibawakan.

“Momentum peringatan Maulid Nabi tahun ini di bulan Oktober, yang bersamaan dengan bulan kelahiran kabupaten Boalemo, mari kita merenung sudah sampai dimana kita meneladani Rasulullah, dan minimal kita tidak jauh dari apa-apa yang telah dicontohkan. Dan kita melanjutkan apa yang telah perjuangkan dengan menegakkan Islam yang paripurna,” tandas Anas Jusuf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here