Sekda Sherman Launching Bukti Uji Kendaraan Bermotor Secara Elektronik

0
406

GP Boalemo – Dinas Perumahan, Pemukiman, Perhubungan, dan Pertanahan (Disperkimhubtan) Kabupaten Boalemo melakukan grand launching Bukti Uji Kendaraan Bermotor Secara Elektronik untuk pengujian kendaraan bermotor secara online.

Launching yang berlangsung di Halaman Dinas Perkimhubtan Kabupaten Boalemo tersebut dilakukan oleh Sekda Boalemo, Sherman Moridu S.Pd., MM. serta dihadiri oleh Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat wilayah Gorontalo, Hasan Bisri, Kadis Perhubungan Kabupaten Boalemo, serta Unsur Forkopimda, Rabu (10/03/2021).

Saat diwawancarai, Kepala Dinas Perkimhubtan Boalemo, Supandra Nur, menjelaskan bahwa penerapan Bukti Uji Kendaraan Bermotor Secara Elektronik kali ini dalam rangka pelaksanaan amanat Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Bahwa untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik,” jelas Supandra.

Olehnya, lanjut Supandra, Disperkimhubtan Kabupaten Boalemo mengeluarkan inovasi baru dengan mengeluarkan smartcard pengujian kendaraan bermotor yang memiliki keunggulan diantaranya kendaraan akan ditentukan waktu dan tanggal kapan akan diuji kir dengan memberi pesan kepada pemilik kendaraan.

“Nantinya akan keluar bukti lulus uji menggunakan smart card yang lebih canggih dan praktis dari sebelumnya. Pengujian kir secara online ini lebih cepat, efisien,” tukasnya.

Sementara itu, Sekda Boalemo, Sherman Moridu S.Pd., MM. mengingatkan kepada tim penguji bersikap profesional dalam melakukan uji kendaraan ini. Sebab, kata Sherman, ketika bermuara pada persoalan hukum, maka kompetensi dan kapabilitas dari tim penguji yang akan menentukan.

“Dengan adanya pengujian secara elektronik, dan terintegrasi dengan Kementerian Perhubungan. Kami mohon agar tim penguji ini agar benar-benar profesionalisme, sebab ketika bermuara pada persoalan hukum, maka kompetensi dan kapabilitas dari tim penguji ini yang akan menentukan, karena ini sudah elektronik, terpadu dan terintegrasi,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here