Temui Menteri ESDM, Rachmat Gobel Bahas Perataan Pemenuhan Energi

0
592

GP Bone Bolango – Belum meratanya pemenuhan energi di beberapa wilayah karena perbedaan kondisi geografis nampaknya masih menjadi masalah yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Olehnya, Pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan layanan energi hingga ke pelosok negeri.

Terkait permasalahan tersebut, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel bertemu dengan Menteri ESDM, Arifin Tasrif, di Jakarta, Senin (22/6). Pertemuan kali ini guna membahas langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah demi terwujudnya keadilan dalam layanan energi di Indonesia.

Diskusi sekitar 2 jam bersama Menteri ESDM, Rachmat Gobel juga membahas program Pemerintah Pusat terkait perhatian terhadap kebutuhan listrik dan kebutuhan energi lainya yang dapat dilakukan di Gorontalo.

“ Saya meminta Pemerintah harus segera melakukan langkah terbaik guna terwujudnya pemerataan layanan energi terutama listrik diperdesaan demi terwujudnya energi berkeadilan khususnya yang ada di Indonesia Timur,” kata Rachmat.

Bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman, tersebar dan jaraknya jauh dari instalasi listrik PLN, bisa dilakukan dengan memberikan pra-elektrifikasi, melalui pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

“ Listrik menjadi sebuah kebutuhan dasar yang harus dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dengan tarif yang terjangkau, termasuk bagi masyarakat yang tinggal di perdesaan,” jelasnya.

Pemerintah segera menerapkan apa-apa yang telah menjadi program percepatan pemerataan layanan listrik di wilayah pedalaman seperti program-program yang tertuang dalam peraturan Presiden , dan juga peraturan Menteri ESDM.

“ Listrik tak hanya berfungsi untuk penerangan, kecukupan energi listrik juga menjadi faktor penting dalam menggerakkan potensi ekonomi suatu daerah. Pasokan energi listrik cukup, masyarakat produktif, maka taraf hidup masayarakat ikut meningkat,” tutup Rachmat Gobel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here