Tak Ingin Pelayanan Terganggu Karena Covid, Lapas Kelas IIB Boalemo Jalani Vaksinasi

0
1037

GP Boalemo – Ikhtiar dalam Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19, Lapas Kelas IIB Boalemo menerima Vaksinasi tahap ke II. Sebanyak 64 petugas Lapas Kelas IIB Boalemo masuk daftar penerima Vaksin Sinovac Biofarma, Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, seluruh petugas lapas ini mendapat jatah vaksin, Rabu (10/03/2021).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Boalemo, Giyono menerangkan bahwa  sebelumnya Lapas Kelas IIB Boalemo telah melaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS ) dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo dalam usaha Pengendalian, Penanggulan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami juga telah melakukan koordinasi untuk menentukan jadwal kapan pelaksanaan vaksinasi terhadap pegawai Lapas kelas IIB Boalemo. Pada hari ini kita melakukan vaksinasi untuk seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Boalemo,” kata Giyono.

Sebagai penerima vaksin pertama, Giyono tidak merasakan efek apapun setelah menerima vaksin. Ia bahkan mengaku semakin segar dan semangat pasca vaksinasi.

Ia juga mengatakan bahwa vaksinasi sangat dibutuhkan bagi petugas Lapas karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Bagian pelayanan dianggap petugas yang paling beresiko karena kontak erat dengan orang-orang luar Lapas. Seperti keluarga warga binaan dan lainnya,” sambungnya.

Ruang kunjungan berbasis Ham, Lapas Boalemo (Humas Lapas)

Ia mengatakan, dengan dilakukannya vaksinasi covid-19 tahap II ini diharapkan dapat memutus rantai penyabaran Covid-19 dengan vaksinasi ini akan meningkatkan imun kita, dan dengan begitu akan memperkecil resiko kita tertular Covid-19.

“Tentunya kita akan terus mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 salah satunya dengan cara vaksinasi. Semoga dengan vaksinasi ini kekebalan tubuh dapat meningkat, dan Pandemi Covid-19 dapat segera selesai,” tandasnya.

Terakhir, Giyono mengaku berterima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah karena sudah memperhatikan petugas lapas agar bisa divaksin.

“Terima kasih kepada pemerintah atas perhatiannya kepada kami semua, para ASN Lapas Kelas IIB Boalemo, mendapat prioritas vaksin. Mudah-mudahan lebih semangat dan bebas Covid-19, Salam Prokes” pungkasnya.

Sementara itu, Mulyadi Rais Selaku Ketua Tim Pelaksanaa dan Vaksinasi menyampaikan bahwa sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Boalemo akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis 1, selanjutnya akan dijadwalkan kembali pemberian vaksin Covid-19 dosis 2.

“Vaksinasi ini merupakan Vaksinasi Covid-19 tahap II, yaitu Vaksinasi yang diperuntukan bagi petugas layanan masyarakat setelah Vaksinasi Covid-19 tahap I yang diperuntukan bagi tenaga kesehatan,” Kata Mulyadi.

Sebelum disuntik vaksin Covid-19 petugas Lapas Kelas IIB Boalemo harus melewati serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu, dimulai dari verifikasi data penerima vaksin, hingga screening guna memastikan kondisi fisik pegawai memenuhi syarat untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Dari daftar petugas Lapas Boalemo sejumlah 64 orang, yang memenuhi syarat Vaksinasi sejumlah 34 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here