Baru 2 Hari Menjalani Masa Tahanan, Darwis Moridu Bermohon Pindah Ke Lapas Boalemo

0
602

GP Boalemo – Setelah melewati proses panjang, akhirnya Darwis Moridu menjalani masa tahanannya. Baru 2 hari menjalani masa tahanannya sebagai Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo, Bupati  non aktif Kabupaten Boalemo, Darwis Moridu memohon untuk dipindahkan ke Lapas Kelas IIB Boalemo. (Kamis, 05/08/2021).

Berdasarkan permohonan tersebut, akhirnya Darwis di pindahkan ke Lapas Kelas IIB Boalemo, Mengingat Kabupaten Boalemo adalah daerah asalnya serta mendapat persetujuan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo Divisi Pemasyarakatan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gorontalo, Ignatius Gunaidi, mengatakan bahwa pemindahan seorang WBP tersebut sudah sesuai dengan prosedur melalui sidang TPP (Tim Pengamat Pemasyarakatan) kemudian melakukan pengajuan permohonan ke Kantor Wilayah hingga mendapat persetujuan.

“DM adalah WBP pidana umum pasal 351 dengan putusan 6 bulan. Penahanan tersebut dipindahkan ke Lapas Boalemo atas permintaan yang bersangkutan atas sepengetahuan keluarga dengan surat jaminan keluarga,” jelas Ignatius dikutip dari laman lapasgorontalo.id.

Lanjut Ignatius, pemindahan Darwis telah melakukan koordinasi dengan pihak lapas Boalemo serta dipindahkan menggunakan mobil Lapas Gorontalo dan pengawalan dari 3 orang petugas Lapas yang dipimpin oleh Rusli Usman.

“Alasan pemindahan tersebut adalah mendekati keluarga, tidak masalah dia baru 1 hari maupun 2 hari disini (Lapas Gorontalo), apalagi adalah WBP Pidana Umum yang perlakuannya tidak seperti Pidana Khusus,” Ucapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Boalemo, Giyono, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa narapidana Darwis Moridu telah diserahkan oleh perwakilan Lapas Kelas IIA Gorontalo ke Lapas Kelas IIB Boalemo.

Kalapas Kelas II B Boalemo, Giyono.Amd.I.P,SH,MH

“Iya, benar. Beliau tadi telah kami terima sekitar pukul 11.30 WITA tadi,” singkatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here