Komisi I DPRD Boalemo Kunjungi Bumdes Terbaik 3 di Kabupaten Gorontalo

0
556

GP Boalemo – Komisi I DPRD Kabupaten Boalemo kunjungi Bumdes Bersama SIKOMPAK Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Dipilihnya Bumdes SIKOMPAK, karena Bumdes yang memiliki laba hingga ratusan juta rupiah tersebut merupakan Bumdes terbaik ketiga se-Kabupaten Gorontalo.

Olehnya, kunjungan Komisi I kali ini dalam rangka studi tiru mengenai manajemen pengelolaan Bumdes yang nantinya bisa diaplikasikan di Kabupaten Boalemo nanti.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh anggota Komisi I, Harijanto Mamangkey.
Dirinya merasa menemukan susatu yang berbeda, dimana Bumdes SIKOMPAK bisa menaungi Bumdes dari 10 desa yang ada di Kecamatan Limboto Barat

“Bumdes ini bisa menaungi 10 Bumdes yang bergerak di bidang usaha bahan bangunan dan lembaga keuangan mikro, dan menariknya BumDes SIKOMPAK ini bisa berkembang. Dan lebih utamanya, adalah transparansi dengan menggunakan aplika sisistem informasi Badan Usaha Milik Desa,dan dengan laba ini meteka bisa membangun kantor sendiri serta menggaji para struktural,” kata Harijanto saat dikonfirmasi via seluler, Rabu (12/8).

Kata Harijanto, suksesnya Bumdes juga tak lepas dari tangan manis Camat Limboto Barat, yang terus menjaga komunikasi dan koordinasi dari tingkat bawah hingga tingkat atas

“Mereka mempunyai prinsip, bersusah-susah dahulu, sehingga dengan perjuangan dan kerja keras, mereka bisa mengembangkan bumdes ini hingga bisa menikmati buah hasil dari perjuangan” Ujarnya.

Setelah kunjungan, Harijanto mengaku Komisi I DPRD Kabupaten Boalemo berencana akan melakukan kegiatan pertemuan dan akan mengundang direktur sebagai narasumber agar bisa membagi ilmu manajemen planing bisnis baik kepada SOPD terkait, pemerintah desa hingga pemerintah kecamatan

“Rencana kami akan memfasilitasi pemerintah daerah maupun elemen-elemen desa dan kecamatan, bagaimana kita mengundang direktur bumdes bersama untuk berbagai ilmu, agar pengelolaan Bumdes bisa lebih maju, ini merupakan masukan atau input yang sangat berharga bagi rumusan perancangan Perda terkait pengelolaan Bumdes yang sudah masuk sebagai Rapemperda anggaran 2021,” Jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here