RUSAKNYA JEMBATAN BULUBULONDU SUWAWA YANG MEMPENGARUHI KEBERLANGSUNGAN HIDUP MASYARAKAT SETEMPAT

Pelayanan publik adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh lembaga birokrasi publik untuk memenuhi kebutuhan dari warga Negara Sementara itu merujuk pada UU 25 2009 tentang Pelayanan Publik pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Jembatan merupakan sebuah struktur yang dibangun untuk menghubungkan dua tempat yang terpisah oleh sungai, lembah, atau rintangan lainnya. Fungsi utama jembatan adalah untuk mempermudah aksesibilitas dan mobilitas manusia serta barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, jembatan juga memiliki peran penting dalam pembangunan suatu wilayah, baik dari segi ekonomi maupun sosial. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pengertian jembatan, jenis-jenis jembatan, serta pentingnya jembatan dalam kehidupan sehari-hari.

Jembatan memiliki peran penting dalam lingkungan masyarakat, kerusakan jembatan dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup masyarakat. Selain mempengaruhi aktifitas masyarakat, kerusakan jembatan juga akan berpengaruh dalam faktor mobilitas, pendidikan, ekonomi serta keselamatan dari masyarakat setempat.

Jembatan Bulobulondu yang menjadi penghubung antara kecamatan suwawa selatan dan kecamatan suwawa, tepatnya di Desa Bolontala Timur mengalami kerusakan. Jembatan tersebut ambruk akibat terjangan banjir. Kerusakan jembatan telah mempengaruhi kelangsungan hidup masyarakat setempat, Akses jalan yang terputus mengakibatkan mobilitas masyarakat terhambat, serta mempersulit siswa untuk pergi ke sekolah. Masyarakat dan siswa harus menempuh jalan yang cukup jauh untuk sampai ke tempat tujuan. Atau menyewa perahu agar bisa menyebrang, yang tentu hal ini memiliki resiko terkait keselamatan penumpang. Jembatan tersebut juga terhubung dengan pasar yang menjadi pusat pencaharian masyarakat, dengan rusaknya jembatan tentu hal ini mempersulit masyarakat untuk mencari rezeki.

Sampai dengan saat ini jembatan tersebut belum juga diperbaiki oleh pemerintah, padahal Jembatan yang menghubungan Kecamatan Suwawa Selatan dengan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango itu, sudah dua kali ditinjau oleh Caleg DPRD Provinsi Gorontalo. Sudah dua kali berkunjung namun sampai saat ini belum juga dilakukan perbaikan, saya jadi bertanya-tanya sebenarnya apa tujuan dari kunjungan tersebut, apakah beanar untuk meninjau terkait bagaimana kerusakan serta cara untuk memperaiki atau hanya untuk menyita perhatian public?.

Besar harapan masyarakat kepada pemerintah agar segera merealisasikan wacana terkait perbaikan jembatan tersebut, karena memang seberpengaruh itu jembatan bulobulondu untuk masyarakat setempat. Masyarakat tidak paham dan tidak mau tau terkait bagaimana mekanisme yang harus dilewati oleh pemerintah untuk memperbaiki jembatan tersebut, masyarakat hanya tau bahwa pemerintah adalah tempat mereka menyalurkan aspirasi, dan pemerintalah yang dapat mewujudkan aspirasi tersebut.

 

Oleh : SARMILA RADJAK

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button