Pelayanan Yang Kurang Efektif, Puskesmas Harus Lebih Mengutamakan Pasien
Kesehatan adalah pelayanan public yang bersifat mutlak yang berfungsi untuk mensejahterakan rakyat. Untuk semua pelayanan bersifat mutlak, negara dan pemerintah memiliki tanggung jawab menyediakan layanan yang berkualitas dan mudah didapat setiap saat.
Salah satu wujud nyata menyediakan layanan public dibidang Kesehatan dengan adanya puskesmas. Tujuan utama dari adanya puskesmas yaitu agar dapat memberikan pelayanan Kesehatan yang bermutu namun dengan biaya yang relative terjangkau untuk masyarakat, terutama masyarakat yang kelas ekonomi menengah kebawah.
Dalam realita pelayanan puskesmas sekarang banyak pelayanan puskesmas yang kurang efektif antara lain seperti yang terjadi didesa saya.
Ketika nenek saya berobat ke puskesmas yang berada didesa kualalumpur nenek saya sempat ditolak oleh pihak puskesmas yang ada disana dengan alasan Ketika nenek saya dibawah dipuskesmas dokternya belum ada, dan petugas tenaga medis lainnya tidak ada, yang berada dipuskesmas hanyalah cleaning service.
Nenek saya tidak bisa dilayani padahal waktu itu keadaan nenek saya dalam keadaan sesak nafas yang dibilang cukup parah sebelumnya pelayanan puskesmas pada tahun-tahun sebelumnya dipuskesmas lama sangat efektif namun Ketika puskesmas direnovasi dan diresmikan dengan bangunan yang baru pelayananya sangatlah kurang efektif, kenapa saya bilang kurang efektif karena pelayanan tidak sesuai dengan harapan masyarakat.
Dari semua kejadian itu jika terus menerus tidak ada perbaikan dan peningkatan pelayanan akan mengakibatkan banyak kerugian bagi pihak-pihak yang terkait.
Saya sendiri sebagai penduduk sekitar meminta kebijakan kepada pemerintah untuk terus memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan baik yang dipusat kota maupun didesa desa terpencil seperti desa kami
Saya tidak bermaksud menghakimi para pihak terkait atas pelayanan yang kurang yang diberikan oleh pihak puskesmas kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan medis.
Saya hanya berharap apa yang saya sampaikan dapat dibaca oleh pemerintah dan pihak puskesmas agar kedepannya pihak-pihak terkait dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat
Oleh : ZEIN NOVITA D. AHILI